Gelombang22, RESUME PELATIHAN KE 21 Pemasaran Buku

 

Gelombang                   : 22

Pertemuan Ke              : 21

Hari/Tanggal              : Jum’at/ 12 November 2021

Tema                             : Pemasaran Buku

Narasumber                : Agus Subandana,M.M.

Moderator                   : Ms. Phia

Penulis                         : Miswan

 

Hari ini kembali Ms. Phia melakukan road show , kemdati demikian beliau tetap energik dan cetar mengantar narasumber kita Bapak Agus Subandana,M.M, yang akan mengusung tema

“Strategi Pemasaran Buku”. Sebelum narasumber masuk kelas Ms. Phia memperkenalkan profil beliau:

- Bekerja di Penerbit ANDI Yogyakarta selama 17 th.

- Dari sejak awal th 1999 s.d sekarang menggeluti di Bidang Pemasaran

- Lulus S1 dan S2 mengambil Jurusan Manajemen Pemasaran

- Sering menjadi Moderator berbagai event webinar

Untuk biodata lengkapnya bisa klik link berikut ini, link saya dapatkan dai membaca halaman blog moderator.

https://omjaylabs.files.wordpress.com/2020/04/cv-singkat-pak-agus-subardana.pdf

Dampak  covid 19 mendera di segala bidang, termasuk pada bisnis penerbitan buku

Dampak Penjualan  Buku Selama COVID 19 sangat dirasakan betul oleh pelaku usaha bidang Penerbitan Buku. Hal ini disebabkan karena:

1.  Jarinagn tutup

2.  Pengunjung ke toko buku menurun drastic

3.  Penurunan omset hingga 90%

4.  Sebagian besar penerbit bangkrut/gulung tikar

5.  Kurang maksimal penawaran karena tidak bisa bernego langsung

Maka dari itu dalam rangka untuk mempertahankan Industri Penerbitan Buku , selama pandemic Covid 19 ini supaya tetap terus hidup dan dapat mencapai hasil penjualan buku yang maksimal maka perlu  strategi pemasaran. Srategi Pemasaran buku kita ubah melalui On Line , dan jaringan komunitas secara on line.

Dan strategi pemasaran tersebut umumnya dipengaruhi oleh faktor-faktor yang meliputi:

1. Faktor Mikro yaitu perantara, pemasok, pesaing, dan masyarakat.

2. Faktor Makro, yaitu demografi-ekonomi, politik-hukum, teknologi-fisik, dan sosial budaya. Strategi pemasaran buku yang dipetakan menjadi 2 yaitu

1. Strategi Pemasaran buku serangan udara (On Line )

2. Strategi Pemasaran buku melalui serangan darat ( Of line)

 

Pemasaran Buku Lewat Online

Untuk penjualan buku lewat Online ini kita harus terus proaktive untuk terus promosi

Dengan strategi sebagai berikut :

1.    Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial.

2.    Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah ada sehingga kesetiaan konsumen terjaga.

3.    Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu.

4.    Menaikan penjualan dan profit

5.    Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing

6.    Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan

7.    Mengubah tingkah laku (yang kurang minat beli , menjadikan tertarik beli) , persepsi dan pendapat konsumen.

 

Pemasaran Buku Lewat Komunitas

Kita tentunya punya komunitas masing – masing sesuai dengan kapasitas kita untuk membentuk komunitas dan relasi , maka gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat komunitas  akan lebih efektive dan efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita.

Strategi pemasaran buku serangan Darat (OFFLINE ).

Untuk menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , kita harus melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Kami Penerbit Andi telah mempunyai 90 cabang di kota dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.

Strategi pemasaran buku serangan darat

Strateginya kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara lain :

Saluran distibusi toko buku

Pemetaan Jenis toko buku

1.     Toko buku modern

Mengikuti trnsaksi modern yang bisa dikendalikan dengan sistem sentralisasi

2.     Toko buku semi modern

Transaksinya masih bisa dikendalikan pertoko.

3.     Toko buku tradisional

Transaksinya dan laporan penjualannya masih menggunakan sistem manual.dan belum trsistem dengan baik.

Strategi Promosi di toko buku Modern

Ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan , antara lain :

1.    Menguasai display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .

2.    Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner

3.    Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.

4.    Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan,  Program TAB, Program TAM , dll )

5.    Dan masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut. 

Strategi Pemasaran dengan Directselling

Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :

1.       Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).

2.       Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah

3.       Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum

Dengan pemetaan jenis katagori tersebut di atas Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales). Tugas Tenaga Penjual / sales tersebut kita beri tanggungjawab target sesuai maping areanya masing – masing.

Semoga covid 19 benar-benar musnah sehingga kita bisa kembali hidup dalam kondisi normal dan dapat mencetak buku dan menyemarakkan kembali penebitan buku.

Salam literasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERTEMUAN KE 12 MENGEKSPRESIKAN DIRI YANG BAIK DI MEDIA SOSIAL

Pertemuan ke 2: Yuk kelola Jejak Digital Yang Baik

Pertemuan ke 6: Menjadi Pejuang Kebenaran Di Tengah Gempuran Hoaks